Network
yang kompleks dimana tidak hanya satu band teknologi yang di implementasi maka
di perlukan layering yang proper / cocok sesuai dengan kebutuhan. Idle
maksudnya adalah kondisi dimana Ue tidak dalam kondisi call/Data. Misal suatu
network ada 2G, 3G dan 4G di butuhkan idle layering dimana akan camping
Ue/Phone saat idle ? apakah camping di 2G atau 3G atau di 4G. idle layering ini
untuk mengatur dimana Ue/Phone akan camping.
Ambil
contoh Operator A di kota B mempunyai system Band 2G : GSM, DCS; 3G : 900 &
2100; 4G : 900,1800 & 2300, kondisi layering diminta sebagai berikut :
1.
Idle
camping di 4G 2300
2.
Priority
tertinggi di 4G 2300, kemudian 4G 1800 terendah adalah 4G 900
Untuk setting sesuai kebutuhan di
atas, berikut gambaran layering nya :
Penjelasan sisi Kiri : layering dari 2G ke 3G, 3G ke 4G :
Sisi 2G parameter :
qsearch_I,
jika parameter ini nilainya 7 maka akan selalu naik dari 2G ke 3G
FDD_Qmin,
Parameter ini untuk mendefinisian target sisi 3G. jika sisi 3G terpenuhi maka Ue
bisa naik dari 2G ke 3G. sample nilai nya 2, artinya -18 (target EcNo dari 3G
> -18dB)
Dengan
setting 2 param tsb di sisi 2G, maka Ue akan selalu naik dari 2G ke 3G selama
memenuhi syarat FDD_Qmin
Sisi 3G
Parameter :
Eutranhightresh
= 16, parameter ini di tujukan untuk ke arah High priority (dalam contoh di
sini 4G sebagai High priority > 3 dan 3G sebagai low priority =2)
Qrxlevmineutra
= -120, parameter ini di set untuk level minimum 4G artinya minimum RSRP 4G
<=-120dBm
Gabungan Eutranhightresh
= 16 + Qrxlevmineutra = -120, penjumlahan nya 16 + -120 = -104dBm, artinya ini
adalah level minimum 4G agar Ue bisa naik dari 3Gke 4G.
Servingcellpriority
=2, parameter priority sisi 3G dimana makin besar makin tinggi priority
(maximal 7), agar Ue bisa camp ke 4G maka priority 3G harus lebih rendah dari
4G
Sisi 4G Parameter :
Servingcellpriority, parameter ini untuk setting priority,
makin besar makin tinggi priority (tertinggi 7, dimana Ue akan camp di priority
tertinggi). Untuk kebutuhan sesuai scenario maka priority sbb :
2300 4G
Priority : 5
1800 4G
Priority : 4
900 4G
Priority : 3
Dengan 2300 di set Priority tertinggi = 5, maka Ue akan
camping di TDD 2300. Dengan kondisi ini LTE 2300 akan sangat dominan, untuk
lebih balance antar LTE 2300-1800 bisa di balance dengan mengatur threshold
inter frekuensi atau Load Balance
Kesimpulan : dengan di set parameter sesuai di atas maka
saat di 2G Ue akan selalu mencoba naik ke 3G selama EcNo 3G > -18dB, setelah
serving di 3G Ue juga akan selalu naik ke 4G karena priority tertinggi di 4G.
sementara saat di 4G Ue akan selalu camping di TDD 2300 karena priority
tertinggi di TDD 2300
Penjelasan Sisi Kanan : 4G ke 3G, 3G ke 2G
Saat serving di sisi 4G :
Apakah akan seterusnya Ue Camp terus di Priority tertinggi
4G ? ada saat nya Ue bisa turun dari 4G ke 3G saat kondisi memenuhi, di antara
nya adalah saat criteria berikut terpenuhi :
selQrxLevMin
= -120, parameter ini untuk mendefinisikan syarat minimum RSRP sisi 4G (dBm)
threshSvrLow
= 4, Treshold untuk ke low priority. Cara baca nya adalah dengan menggabungkan threshSvrLow
= 4 + selQrxLevMin = -120 = 4+ (-120) = (-116), artinya range < -116dBm
level RSRP serving bisa turun dari 4G ke 3G dengan syarat 3G juga terpenuhi di
bawah.
qRxLevMin = -115, syarat level 3G minimum
threshXLow = 0, threshold level sisi 3G, car abaca nya
dengan menggabungkan qRxLevMin = -115 + threshXLow = 0 = -115 + 0 = (-115), artinya syarat level di 3G
adalah -115dBm
Jadi
kesimpulan nya adalah saat 4G serving RSRP < -116 dan 3G neighbour RSCP >
-115dBm maka idle reselection dari 4G ke 3G di eksekusi
Saat
serving di sisi 3G :
Apakah akan seterusnya Ue akan selalu mencoba naik ke 4G ?
ya Ue akan selalu akan mencoba naik ke 4G tapi ada saat nya Ue bisa turun dari
3G ke 2G saat kondisi memenuhi, di antara nya adalah saat criteria berikut
terpenuhi :
Ssearcrat =
0, trigger untuk threshold ke RAT lain (2G)
Qqualmin =
-22, car abaca nya dengan menggabungkan Ssearcrat = 0 + Qqualmin = -22 = 0 +
(-22) = (-22), artinya saat kondisi EcNo 3G < -22dB maka reselection 3G ke
2G di eksekusi
No comments:
Post a Comment