Reverse Closed Loop Power Control


Reverse Closed Loop Power Control
Di jalankan atau aktif pada saat memasuki kanal traffik, atau setelah proses open loop selesai. Prinsipnya pada closed loop power control adalah adanya komunikasi 2 arah antara BTS dengan MS sehingga pengontrolan lebih presisi. Dimana dalam satu detik sekitar 800 kali BTS memerintahkan MS untuk mengkoreksi transmit daya nya. Reverse closed loop di kategorikan menjadi 2 yaitu:

1. Inner Loop
BTS mengontrol Transmit power dengan mengirim bit control nya berdasarkan nilai Eb/Nt yg di terima BTS.
2. Outer Loop
BSC mengontrol Setting dari Eb/Nt BSC yg akan dikirim ke MS berdasarkan nilai FER yg di terima BSC.

Berikut Gambaranya :

 


Penjelasan :
1. Setelah dalam kondisi traffik yaitu telah tersambung komunikasi antara 2 MS, power control di atur oleh reverse close loop power control (di singkat RCLPC). Tidak lagi open loop power control
2. Dalam algoritma RCLPC, komunikasi terjadi 2 arah antara MS dan BSS.
3. Dalam proses inner loop, BTS melakukan pengukuran paramater yg dikirm oleh MS. Dalam hal ini BTS mengukur paramater Eb/Nt untuk di bandingkan dengan nilai treshold yang di set. Jika nilai Eb/Nt yg di ukur lebih besar dari treshold, maka BTS mengirimkan power control bit untuk menyuruh MS menurunkan daya pancar. Sebaliknya jika lebih kecil dari treshold, BTS menyuruh MS menaikan daya pancar. Proses komunikasi 2 arah ini terjadi sebanyak 800kali/detik.
4. Pada outer loop, BSC mengukur nilai FER yg dikirim oleh BTS untuk di bandingkan dengan treshold FER yg telah di setting. Jika FER yg diukur lebih besar dari treshold, maka BSC memerintahkan BTS untuk menaikan treshold Eb/Nt. Sebaliknya jika FER yg di ukur lebih kecil dari Treshold maka BSC memerintahkan BTS untuk menurunkan treshold Eb/Nt.



Kesimpulan yang bisa di ambil dari RCLPC untuk bisa di optimize adalah parameter sbb :
1. Parameter Eb/ Nt yang di setting
2. FER yang di setting
3. Power step MS untuk menaikan dan menurunkan daya pancar
4. Maksimum dan minimum daya pancar traffik

Bersambung ke Forward Power control

No comments:

Post a Comment