Pengenalan OFDMA (4G)



Pengenalan 4G
Kebutuhan akses data kecepatan tinggi dari tahun ke tahun semakin tinggi baik untuk user bergerak maupun user yang fix. Untuk menyediakan akses kecepatan data yang lebih tinggi, industri telekomunikasi menyediakan framework  baru sebagai evolusi dari teknologi 3G yang telah ada. Dimana dengan kriteria 4G, peak rate data untuk downlink sebesar 100Mbps dan upload 50Mbps


Di kenal ada 2 teknologi yang setarah 4G yaitu :
      1.       Wimax (WorldWide Interoperability For Microwave Access) yang di usung oleh IEEE 802.16
      2.       LTE (Long Term Evolution) yang di usung oleh 3GPP
Kedua teknologi sama sama di usung oleh air intrface yang baru yang di sebut OFDMA (Orthogonal Frekuency Division Multiple Access), yang di pasang sebagi penerus untuk mendapatan akses data kecepatan tinggi setara dengan 4G.

Wimax berasal dari standar IEEE 802.16 family dan turunanya. Sebelumnya IEEE ini lebih di kenal dengan produknya yaitu LAN, MAN atau WAN yg di kenal sebagai keluarga IEEE 802.11.
Versi wimax yaitu IEEE 802.16 -2004 atau di kenal juga dengan 802.16d adalah standar untuk Fix Wimax, yaitu untuk service tidak bergerak atau fix. Selanjutnya versi wimax untuk mobile atau bergerak yaitu IEEE 802.16 -2005 atau di kenal juga 802.16e.

Sementara LTE adalah evolusi dari teknologi EVDO/WCDMA yang di standarkan oleh 3GPP, dimana release pertama untuk LTE adalah Release 8 dari spesifikasi 3GPP.
 
Dasar teori air interface dari wimax dan LTE adalah sama yaitu OFDMA, hanya masing2 di bawah oleh pengembang yg berbeda. Tapi pada dasarnya sama

Pengenalan OFDMA
OFDMA kepanjangan dari Orthogonal Frekuensi Division Multiple Access yaitu suatu metoda akses jamak dengan prinsip penggunaan frekuensi yang sebar dalam subcarrier tertentu dimana antar subcarrier bisa saling overlap(tanpa guardband) tetapi dengan prinsip prinsip orthogonalitas antar sub carrier. Bisa di baca juga pengenalan akses jamak FDMA, TDMA dan CDMA. Bedanya pada akses jamak FDMA adalah frekuensi antar carrier di FDMA di selipkan guardband untuk menghindari interferensi antara carrier yg berdekatan.
DI OFDMA selain menggunakan basic FDMA, juga setiap subcarriernya menggunakan basic akses jamak TDMA. Untuk mendapatkan subcarier saling orthogonal di OFDMA menggunakan teory Fast Fourier Transform (FFT). Berikut gambaran OFDMA :
 
Sumber : www.3gpp.org

Yang membedakan OFDMA d engan akses jamak lainya seperti CDMA adalah bahwa OFDMA menggabungkan unsur FDMA dan TDMA dengan subcarrier saling overlap sehingga bisa mendapatkan utilitas lebih banyak. Juga di terapkanya MIMO (multiple input multiple output) sehingga data rate meningkat drastic. Untuk hitung2 an data rate baik OFDMA ataupun CDMA sebagai perbandingan akan di tulis di lain kesempatan. Bisa Klik disini

2 comments: