Spektrum Frekuensi


Spektrum Frekuensi


Apa itu Frekuensi? Frekuensi pertama kali di temukan oleh herts dan sekarang satuan untuk frekuensi adalah herts.
Berkat penemuan ini melahirkan berbagai macam komunikasi wireless/sellular dan melahirkan banyak Vendor/operator di seluruh dunia. Bisa kita katakan Spektrum frekuensi adalah resource untuk mengantarkan komunikasi wireless melalui media udara.
Mengapa Pita frekuensi mahal? Saat ini berapa banyak komunikasi melalui media udara? Bisa di katakan sangat banyak, ada TV, Radio, Telephone, Internet, Radar dan masih banyak lagi. sementara resource frekuensi terbatas, sedangkan pelaku sangat banyak. Itulah mengapa biaya pemakaisn pita frekuensi mahal.
Mengapa Pita Frekuensi di atur oleh pemerintah? Hal2 yg mengenai hajat hidup orang banyak katanya di kuasai oleh negara(lupa pasalnya J), Termasuk bandwith frekuensi. Bayangkan dengan pelaku operator yg sangat banyak ini, boleh kita sebutkan :
1.       Operator Telekomunikasi : Telkomsel, XL, Indosat, Esia dll
2.       OperatorTV : TransCorp, MNC, TVRI, Tvone, ANTV dll
3.       Radio
4.       Dll
Di tambah teknologi wireless berkembang sangat cepat, dimana satu teknologi baru di aplikasikan sementara teknologi baru sudah lahir. Sehingga menambah kebutuhan akan bandwith freuensi semakin banyak.  
Ambil contoh erah 1990 yaitu lahirnya GSM, di seluruh dunia merupakan teknologi sellular yg paling banyak di gunakan. Begitu juga di indonesia, pada awalnya di banyak negara di gunakan alokasi spektrum frekuensi di 900Mhz yaitu di kisaran 935-960Mhz downlink. Karena bertambah banyak di tambah alokasinya di blok 1800. Di pihak lain tahun 1995, teknologi CDMA mulai di aplikasikan dengan alokasi frekuensi di Blok 800, yaitu Blok sekitar 825-845 downlink dan Blok 1900.  Di Indonesia CDMA lahir setelah erah GSM dan erah AMPS, dimana Blok CDMA di 800 telah di pakai oleh teknologi lain yaitu Ratelindo (Esia sebelum migrasi ke CDMA). Sehingga pada awal berdirinya operator CDMA yaitu Flexi mendapatkan alokasi frekuensi di 1900. Masalah timbul pada saat selang setelah CDMA lahir, evolusi GSM telah lahir dan di aplikasikan juga. Di berbagai negara untuk evolusi GSM, alokasi frekuensinya banyak memakai slot 1900 an. menyebabkan irisan dengan operator Flexi, sehingga pemerintah memutuskan alokasi frekuensi baru untuk flexi dan pindah kanal ke 800.
Satu masalah alokasi frekuensi selesai, teknoligi baru siap untuk di implementasikan yaitu seperti LTE dan Wimax. Inilah mengapa perlu plan jangka panjang untuk mengatur pengaokasian kanal frekuensi dan merupakan tugas berat pemerintah.

Berikut Contoh alokasi Frekuensi CDMA :
 Gambar 10 (Tabel Band A dan B)

Cara Menghitung Frekuensi Channel :
 Gambar 11 (Tabel perhitungan Frekuensi)

Contoh : menghitung frekuensi Ch 37, maka N =37 sehingga rumusnya adalah : 0.03 x N + 825
F = 0.03 x 37 + 825 = 826.11Mhz

No comments:

Post a Comment