Alokasi power di WCDMA

Alokasi Power di WCDMA
Seperti halnya multiple akses lainya seperti CDMA2000/WCDMA,
di perlukan pengaturan daya pancar/power karena CDMA adalah system limited/terbatas berbasis resource seperti power dll. Seperti halnya multiple akses pada umumnya, di WCDMA ada alokasi power buat Pilot, Control dan traffic. Di CDMA2000 juga sama di kenal dengan Pilot, Paging, sync dan traffic, sementara di WCDMA juga mirip2 di kenal ada  Downlink power channel terdiri atas : CPICH, P-SCH, S-SCH, P-CCPCH, S-CCPCH, PICH, AICH.  Untuk Release sebelum R04/R99 dapat di gambarkan sbb :

Penjelasan:
Control maksudnya adalah bagian dari common channel seperti P-SCH, S-SCH, P-CCPCH, S-CCPCH, PICH, AICH. Sementara Pilot adalah CPICH, kemudian Dedicated CH seperti DPDCH dll. Sehingga total power adalah 20Watt.
Contoh 2 :


Downlink Common Channel
Power Alocation (watt)
CPICH
2
P-SCH
0.08
S-SCH
0.08
P-CCPCH
1.1
PICH
0.5
AICH
0.5
S-CCPCH
0.3
Total
4.56

Umumnya total power per channel frekuensi adalah 20watt/43dBm tergantung vendor (bisa 10/20/40/60 watt). Itu berarti untuk common channel sudah terpakai lebih dari 20%, sisanya di gunakan untuk traffic/dedicated channel.

Sementara untuk Release di atasnya setelah ada HSDPA dapat di gambarkan sbb :





Penjelasan :

Gambar sebelah kiri adalah system dimana R99 dengan HSDPA berbagi alokasi, sementara gambar di kanan khusus HSDPA.

Untuk HSDPA sendiri di kenal ada 2 alokasi power sbb :

- Static alokasi

Yaitu alokasi untuk HSDPA di tentukan tetap, sementara untuk dedicated channel lainya dinamis. Bisa di gambarkan sbb :



Terlihat penggunaan alokasi power tergantung DPCH, jika penggunaan DPCH rendah maka banyak alokasi power yg tidak terpakai.

- Dinamis alokasi

Untuk mencapai performance HSDPA terbaik, alokasi dinamis di pakai agar penggunaan powernya maksimal. Dapat di gambarkan :



Terlihat HSDPA selalu mengisi alokasi power nya maksimal. Pengaturan lebih ke mana yg lebih dulu di prioritaskan, apakah DPCH atau HSDPA.

No comments:

Post a Comment