Hoping di GSM

Hoping di GSM

Ada beberapa istilah Hoping di GSM yaitu FH, MAIO, MAL dan HSN.
- FH (Frekuensi Hopping) sesuai penamaanya yaitu Hopping = loncat/berpindah dari satu frekuensi ke frekuensi lain.  FH adalah salah satu kelebihan di GSM untuk mereduksi/mengurangi interferensi.

- MAL (Mobile Alocation Index) yaitu satu set frekuensi yg di alokasikan pada sector tertentu. Missal dalam satu BTS terdiri dari 3 sector a, b dan g.
sector a mempunyai set frekuensi : f1, f2, f3, f4
sector b mempunyai set frekuensi :f5, f6, f7, f8
Sector g mempunyai set frekuensi :f9, f10, f11, f12

- HSN (Hopping sequence number) dapat di artikan sebagai number/angka dari algoritma Frekuensi hoping tertentu, ada total 64 angka HSN dari 0 sampai 63. Misal HSN 12 berarti menyatakan algoritma HSN yg di jalankan berdasarkan HSN 12. Untuk HSN 0, Hopping di jalankan secara berurutan dari urutan nomor frekuensi terendah sampai tertinggi. HSN selain 0 akan di jalankan secara random berdasarkan algorithma.
Misal HSN 0 :

- MAIO (mobile Alocation Index Offset) adalah posisi awal saat pertama kali frekuensi di gunakan yang ada pada daftar MAL (Mobile Alocation Index). Misal jika MAIO 0, berarti frekuensi yg pertama di gunakan adalah frekuensi pertama yg ada daftar MAL.



Sebagai Contoh :
MAL : F1, F2, F3, F4
MAIO : 2 (berarti mulai dari F3)
HSN : 0 (berarti berurutan di muali dari MAIO 2 yaitu F3)




No comments:

Post a Comment