CDMA2000 1x Handoff


CDMA2000 1x Handoff

Ketika sebuah MS/Handset/user bergerak dari satu sector BTS ke sector lainya maka terjadi perpindahan layanan. 
Kita sebut saja dari misal dari BTS Sector A ke Sector B sebuah MS bergerak, maka MS sebelumnya di layani oleh A kemudian di layani oleh B. Dimana untuk sistem Handoff yg di adopsi generasi sebelum2 nya, layanan hanya bisa di berikan untuk satu sector BTS saja. Dalam hal ini jika perpindahan dari BTS A ke B, maka putuskan dulu layanan dari BTS A baru mendapatkan layanan baru dari BTS B. Berikut gambaranya :


Handoff di perlukan untuk :
1. Tetap melanjutkan komunikasi walapun berbeda sumber BTS
2. Selama proses handoff, kemungkinan/probabilitasnya untuk terjadi calldrop cukup tinggi. Sehingga di perlukan suatu metoda handoff yang baik.
Type Handoff ?
1. Hard Handoff
Di Type ini handoff terjadi setelah MS melepaskan sumber BTS yg lama, kemudian baru memegang target yg baru (break before make). Berikut Gambaranya :

Di Type Hard Handoff, MS hanya bisa di layani 1 sumber. Contoh di gambar, MS pertama kali di layani BTS A, di tengah2 terjadi hardhandoff kemdudian MS melepas layanan dari BTS A pindah ke target baru BTS B.

Hard Handof untuk sistem di CDMA2000 masih di gunakan untuk kategory sbb :
1. Handoff antar frekuensi
Misal perpindahan frekuensi dari ch 119 ke 160, dimana BTS A mempunyai ch 119 kemudian pindah ke BTS B yang tidak memiliki ch 119 tetapi hanya ch 160.
2. Handoff antar system
Misal dari vendor A ke Vendor B
3. Handoff antar MSC
4. Handoff antar BSC yang tidak mempunyai link A3/A7.


2. Softhandoff
Di type ini sebuah MS dapat di layani oleh lebih dari satu sector BTS, selama handoff bisa memegang lebih dari satu sector BTS (make before Break). Selama kualitas signal masih bagus, di area handoff MS bisa di layani 2 sampai n sector BTS. Sebagai Contoh Gambar berikut :

 

1. Softer Handoff
Sama seperti point 2, hanya sumber untuk handoff nya berasal dari sector dari BTS yang sama
Mengenal Paramater Handoff ?
Parameter Handoff yang paling sering di bahas dan di optimasi adalah :
a. T_Add
Merupakan treshold untuk pilot bisa di masukan kedalam active atau kandidat set. Paramater T_Add yg di ukur adalah Ec/Io, yaitu Energy Chip Pilot terhadap seluruh energy yg di terimah handset.  Nilai semakin besar maka semakin sulit Pilot menjadi active.
b. T_Drop
Merupakan treshold untuk pilot agar bisa di remove dari active atau kandidat set. Paramater T_Drop yg di ukur adalah Ec/Io, yaitu Energy Chip Pilot terhadap seluruh energy yg di terimah handset. Nilai semakin kecil maka semakin susah suatu pilot di remove dari handoff.
c. T_Tdrop
Merupakan timer atau waktu saat T_drop di jalankan. Yaitu ketika parameter T_Drop telah tercapai, maka timer dari T_Tdrop berjalan selanjutnya sampai timer expired dan signal quality masih di bawah treshold maka Pilot tsb di remove dari handoff. Nilai Semakin besar maka semakin sulit suatu pilot di keluarkan/remove dari handoff.
d. T_Comp
Merupakan nilai pembanding antara pilot active dengan kandidate. Nilai semakin kecil, maka semakin sering terjadi handoff/signaling.


Proses Handoff?
 
Penjelasan : Pertama kali MS di layani oleh 1 pilot yaitu Pilot A yg merupakan active setnya, kemudian Pilot B mulai menguat signal strength nya sampai di waktu tsb Pilot B masuk tresholdnya T_Add. 2 pilot menjadi active yaitu Pilot A dan Pilot B sesuai gambar, tetapi kemudian Pilot B kualitasnya menurun sampai masuk di tresholdnya T_Drop. Timer TT_Drop berjalan kemudian setelah timer expired, pilot B di remove dari active. Sehingga setelahnya hanya Pilot A yang active.


No comments:

Post a Comment