Dasar RF Optimasi


Dasar RF Optimasi

RF Optimasi adalah sebuah proses untuk mendapatkan RF quality, KPI dan target coverage sesuai dengan tujuan atau target. Karena sesuai target, maka hasil di sesuaikan dengan tujuan dan kondisi.
RF Quality ?
RF quality merepresentasikan kualitas signal dari coverage suatu kelompok BTS. Berikut representasi kualitas signalyang banyak di pakai di CDMA2000 1xEVDO:



1. Receive signal yang di terimah MS (di singkat Rx)
RX representasi dari daya receive yg di terimah MS, satuanya dBm. Semakin dekat BTS semakin kuat daya receive nya.
2. Transmit MS ( Tx)
TX representasi dari daya pancar yang di pancarkan oleh sebuah MS
3. Ec/Io
Ec/Io merupakan representasi dari kualitas signal yg di terimah MS. Ec adalah Energi pilot dari BTS tertentu, dan Io adalah energy totalyang masuk ke MS. Bisa di katakan Ec/Io adalah level interference yang di terimah MS. Semakin banyak pilot yg masuk, semakin buruk kualitasnya.
4. FER
Frame error rate (FER) representasi dari kualitas voice. Semakin besar nilai FER semakin buruk kualitas voice nya.
5. SINR
Signal to Noise Ratio adalah representasi dari kualitas signal EVDO. Semakin tinggi semakin bagus kualitasnya.

Itulah beberapa RF quality yang sering di pakai untuk melakukan optimasi.

KPI?
KPI adalah kepanjangan dari key performance Indicator, yaitu sebagai target untuk melakukan perbaikan sesuai dengan minimum KPI nya. Berikut KPIyang banyak di gunakan di CDMA20001x :

1. Calldrop
Yaitu putusnya sambungan dalam kanal traffik. Bisanya nilai target KPI Calldrop dalam bentuk persentase. Misal target calldrop adalah di bawah 1%, maka jika nilai calldrop di atas 1 % di lakukan optimasi untuk melakukan perbaikan agar calldrop bisa di bawah 1%

2. Call setup
Call setup adalah proses menyambungkan sebuah MS agar terhubung ke jaringan. Biasanya KPI yang di gunakan adalah CSSR (call setup success ratio) yaitu prosentase dari keberhasilan call dan Access fail yaitu jumlah call yang gagal.

3. Call Blocking
Yaitu sejumlah call yang gagal karena kekurangan resource.

Coverage?
Coverage adalah jangkauan dari layanan yg di berikan oleh BTS. Seberapa jauh dan berapa prosentase layanan yang kualitasnya bagus yg di berikan dalam cluster atau area tsb.

Cara memulai RF Optimasi?
Ada beberapa tahapan dalam memulai proses optimasi, yaitu :

 
Tahap pengumpulan data


ada 2 type dalam pengumpulan data, yaitu pengumpulan data di sisi MS dan pengumpulan data di sisi BSS.
1. Pengumpulan data di sisi MS
Untuk melakukan pengumpulan data di sisi MS, yang paling sering di lakukan adalah dengan melakukan Drive test. Lihat posting tentang Drive test
2. Pengumpulan data di sisi BSS
Di sisi BSS hal di lakukan adalah mengambil data performance BTS. Banyak vendor telah menyediakan interface untuk mengambil data performance

Tahap analisa
Setelah mengumpulkan data, selanjunya adalah menganalisa hasilnya. Untuk hasil drive test bisa di kelolah dengan software analisa seperti Actic, Nemo analyzer dll.

Tahap eksekusi
Setelah proses analisa selesai, buat rekomendasi optimasi dan buat prosedure eksekusinya. Biasanya hasil dari analisa ada 2 hal yaitu optimasi fisik seperti merubah azimuth dan tilting antenna, dan optimasi parameter RF yaitu merubah parameter tertentu.

Monitoring
Setelah proses eksekusi selesai tahap selanjutnya adalah monitoring selama waktu tertentu.

Evaluasi
Tahap selanjutnya adalah evaluasi setelah masa monitoring selesai. Jika hasil belum memuaskan atau belum mencapai target, lakukan optimasi yang kedua dan seterusnya. Prosedure di mulai dari awal lagi.

No comments:

Post a Comment