CDMA2000 Call Setup


CDMA2000 Call Setup

Pengertian?
Call setup adalah proses sebuah panggilan dari sebuah MS ke tujuan tertentu. Yaitu proses mulai dari MS melakukan Dial di perangkat handphone sampai nada dengar berbunyi di no yang di tuju.
Bagaimana Prosesnya?
Jika sebuah panggilan di lakukan(misal A menghubungi B), maka MS A mengirim request ke BTS di teruskan ke BSC sampai MSC. Di MSC di proses selain melakukan autentifikasi baik billing dll. No tujuan akan di olah MSC yaitu letak MS B berada. Misal MS B berada di Location area Register 100 (di singkat LAC dengan no 100), maka MSC memerintahkan BSC untuk membroadcast paging ke LAC 100 tsb. Kemudian BSC melakukan paging ke semua BTS yang berada dalam satu LAC tsb (LAC 100). Lihat Gambar


Semua BTS di LAC 100 melakukan paging (mengirim mesaage broadcast) ke semua handset, hanya user/handset yg sesuai code saja yg bisa mendengar atau membaca isi message tsb. Kemudian BTS menunggu sampai ada respone dari MS. Jika tidak ada respone dari MS, MSC akan memerintahkan kembali untuk broadcast pagng lagi ke semua BTS sampai ke sekian kali sesuai strategi pagingnya. Jika MS membaca paging tsb maka MS akan melakukan respone atau jawaban. Maka setelah mendapat respone tsb, MSC mempersiapkan resource mulai dari Abis, A2, Walsh, CE dll. Maka terjadilah call setup dan nada dering berbunyi di MS B.
Call setup bisa di kategorikan menjadi 2 bagian,yaitu :
1. Originated call (MS yang melakukan panggilan)
Prosenya seperti gambar di bawah :


Sumber : www.huawei.com dan www.qualcomm.com


2. Terminated call (MS mendapat panggilan / No yang di tuju)
Prosesnya seperti gambar di bawah :

Sumber : www.huawei.com dan www.qualcomm.com 



No comments:

Post a Comment