Dasar EVDO


Dasar EVDO

EVDO merupakan evolusi dari CDMA20001x untuk mendapatkan kecepatan data tinggi sesuai kebutuhan generasi ke tiga (3G). 1xEVDO kepanjangan dari 1x Evolusi data only, dimana hanya di khususkan untuk evolusi data saja tanpa voice service.
Pada sejarahnya juga di kembangkan evolusi baik voice maupun data yaitu EVDV (Evolusi data voice), tetapi dalam pengembanganya tidak ada tindak lanjutnya. Sampai pada akhirnya secara resmi EVDV tidak di lanjutkan.

Perbedaan antara CDMA dengan EVDO?
1. EVDO untuk kanal downlink diubah menjadi time division multiple access, sehingga bisa melayani user dalam domain waktu. Seperti CDMA yang di TDM kan
2. Power downlink di buat maksimum, sehingga tidak ada power control untukmengatur daya downlink nya
3. Karena tidak ada power control downlink, di gantikan dengan control atau pengaturan rate datanya (DRC = data rate control)
4. Penggunaan modulasi dan coding yang adaptif sesuai kebutuhan
5. Menggunakan hybrid ARQ
6. MS hanya bisa di layani oleh satu sumber untuk datanya sehingga tidak ada softhandoff. Tetapi dalam proses untuk pemilihan kandidate terjadi semacam virtual, sehingga di katakan untuk downlinknya adalah virtual softhandoff untuk eficiency bandwith.
Persamaan CDMA dengan EVDO?
1. Sama halnya dengan CDMA, untuk identitas dari sector BTS juga menggunakan code PN. sehingga untuk perencanaan bisa di samakan dengan existing.
2. Memakai bandwith yang sama besar, tetapi bedah channel. Masing2 berdiri sendiri2
3. Pemakain code orthogonal untuk MS
4. Pemakain reverse power control
Slot dan Frame pada EVDO?
Di EVDO daya di pancarkan konstan dan full power untuk semua user, yang membedakan adalah setiap user di layani di waktu dan slot2 tertentu. Untuk melayani MS tsb di EVDO terdiri dari beberapa frame. Satu frame terdiri dari beberapa slot. Slot adalah satuan dasar pewaktuan untuk melayani user. Satu slot dapat membawah satu data dari user, sementara satu user bisa memakai satu atau n slot sesuai kebutuhan dan alokasi yag telah di set.  Berikut gambaranya :
 

16 slot membuat 1 Frame,  kemudian 16 Frame membentuk 1 control cycle.

EVDO Rel 0 VS Rev A VS Rev B ?

No comments:

Post a Comment