Pengenalan Jaringan Sellular


Pengenalan Jaringan Sellular

Pada umumnya jaringan sellular di bentuk dari arsitektur yang terdiri dari
: User/pemakai/ Handset, BTS, BSC, MSC, HLR, VLR, IN dll. Penamaan bisa berbeda untuk pengembang yg berbeda, tetapi pada inti nya sama yaitu di bangun oleh arsitektur tsb . berikut Gambaranya :

 Gambar 4( Arsitektur Jaringan Wireless)

MS : Mobile statsion / User/ pemakai/Handset
BTS : Base Transc Station, sesuai penamaanya berfungsi sebagai transmiter dan receiver ke MS. Bahasa mudahnya menghandle coverage MS area BTS tsb.
BSC : Base station control, sesuai namanya berfungsi sebagai controlling BTS. Dalam satu BSC bisa mengontrol beberapa BTS sesuai spek dari BSC.
MSC : Mobile Switching Center, sesuai namanya berfungsi sebagai swithcing atau fungsi menghubungkan(Routing) antar satu MS ke lainya.
HLR : Home Location Register, merupakantempat penyimpanan data MS
VLR : Visitor Location Register, merupakan tempat  menyimpan data sementara MS yang Active atau masuk ke area VLR tsb.
IN : Intelegent Network, berfungsi sebagai interface untuk fungsi intelegent . seperti pengaturan billing promo, Prabayar/pasca dll.
Interkoneksi : ke lain operator, misal PSTN dan operator lainnya.

Penamaan tsb banyak di pakai di GSM dan CDMA2000, sementara di UMTS beberapa memakai penamaan lain. Seperti BTS di sebut NodeB, tapi pada intinya arsitektur di design hampir sama.
A1 : ini hanya pelabelan oleh penulis saja, maksudnya adalah air interface yaitu protokol komunikasi antara MS dan BTS melalui medium udara. Di sinilah pembedah teknologinya yaitu bisa CDMA, GSM, WCDMA dll. Banyak juga di sebut sebagai Uminterface
A2 : ini hanya pelabelan oleh penulis saja, maksudnya adalah interface penghubung antara BTS dengan BSC. Untuk menghubunkan BTS dengan BSC bisa melalui media seperti Transmisi Microwave, Kabel Optic, satelite dll. Kebanyakan unuk menggambarkan kapasitas nya dengan satuan e1 (1e1 = 2.048Mbbps). Interface ini banyak juga menyebutnya sebagai ABIS
A3 : ini hanya pelabelan oleh penulis saja, maksudnya adalah interface penghubung antara BSC ke MSC. Media penghubungnya bisa melalui Optical, Transmisi Microwave, Ethernet dll.
A4 sampai A6 : ini hanya pelabelan oleh penulis saja, maksudnya adalah penghubung juga sesuai point2 di atas. Medianya juga beragam.

No comments:

Post a Comment